Minggu, 27 Januari 2013

cara membuat file ISO Windows7 pada flesdhisk


Bagi pengguna Netbook kadang mengalami kesulitan saat akan menjalankan program atau mengakses data dari cd/dvd karena tidak tersedianya perangkat drive optik di Netbook. Termasuk untuk urusan install ulang system operasi Windows. Akhirnya ada alternatif lain menggunakan media Flashdisk untuk memasang system operasi Windows. Untuk instal Windows XP dari flashdisk sudah pernah dipernah dibahas disini dan step by stepnya disana, namun bagaimana cara install Windows 7 dari USB Flashdisk?.
Ternyata install Windows 7 malah lebih mudah dari pada Windows XP. Untuk seven, Microsoft sendiri sudah menyediakan sebuah tool untuk membakar (burn) iso windows 7 ke dalam flashdisk yaitu Windows 7 USB DVD Download Tool. Software tersebut berguna untuk meng-instal Windows 7 dari flashdisk.
  1. Silahkan unduh dulu software Windows 7 USB DVD Download Tool lalu instal dikomputer.
  2. Siapkan file iso Windows 7. Jika belum punya, Anda dapat membuat sendiri iso dari DVD Windows 7 lihat cara membuat file iso dari cd/dvd.
  3. Pasang flashdisk  minimal 4 GB di port USB lalu buka windows explorer atau My Computer. Backup atau salin semua data penting di flashdisk ke komputer sebelum proses format flashdisk. Kemudian klik kanan di drive flashdisk pilih format dengan file system NTFS.
  4. Jalankan program Windows 7 USB DVD Download Tool.
  5. Pilih folder tempat Anda menyimpan file iso Windows 7 lalu klik “Next“.
 
6.      Pilih “USB Device“.

  1. Tentukan drive flashdisk. Kemudian klik “Begin Copying” untuk mulai proses transfer file instalasi Windows 7 ke flashdisk. Tunggu sampai selesai.


1 komentar:

  1. materinya sangat bagus....
    ada juga file anti virus avas ta kanda???

    BalasHapus